Minggu, 23 Desember 2012

MENU TOOLBAR PADA MICROSOFT EXCEL 2007

Fungsi Menu Toolbar pada Microsoft Excel 2007
A.    Fungsi tab Home 

Menu Tab Home

Clipboard
·         Paste di gunakan untuk menempelkan hasil perintah cut/copy yang ada di clipboard.
·         Cut di gunakan untuk memindahkan bagian yang di tandai ke clipboard.
·         Copy di gunakan untuk menyalin ke clipboard.
·         Format Painter di gunakan untuk melakukan copy format.

Font
·         Font Selection di gunakan untuk mengganti jenis huruf.
·         Font Size di gunakan untuk mengatur ukuran huruf.
·         Increase / Decrease Font di gunakan untuk menaikkan dan menurunkan ukuran font satu tingkat.
·         Bold , Italic , Underline di gunakan untuk menebalkan,memiringkan,menggaris bawahi teks.
·         Border di gunakan untuk membuat garis bingkai sel.
·         Fill di gunakan untuk mewarnai sel.
·         Color di gunakan untuk mewarnai huruf.
Alignment
·         Vertical Alignment di gunakan untuk mengatur posisi teks secara vertical pada sel atas,tengah dan bawah.
·         Perataan teks di gunakan untuk mengatur perataan teks kiri,tengah dan kanan.
·         Indent di gunakan untuk menambah atau mengurangi inden teks.
·         Teks Orientation di gunakan untuk mengubah kemiringan teks.
·         Merge Cell di gunakan untuk menggabungkan sel.
·         Page Break di gunakan untuk mengatur pemisah halaman.
Number
·         Format Cell di gunakan untuk mengatur jenis penulisan angka.
·         Currency di gunakan untuk format angka untuk mata uang.
·         Persen di gunakan untuk memformat angka persen.
·         Comma di gunakan untuk mengubah nilai koma ribuan.
·         Increase/Decrease Decimal di gunakan untuk menambah dan mengurangi nilai decimal.
Style
·         Conditional Formatting di gunakan untuk melakukan format terkondisi.
·         Format as Table di gunakan untuk membuat format tabel cepat.
·         Cell Styles di gunakan untuk membuat format sel secara cepat.
Cells
·         Insert di gunakan untuk memasukkan sel baru.
·         Delete di gunakan untuk menghapus sel.
·         Format di gunakan untuk melakukan format sel.
Editing
·         Sum di gunakan untuk melakukan perhitungan.
·         Fill di gunakan untuk membuat pola angka secara kontinu.
·         Clear di gunakan untuk menghapus semuanya dari sel,nilai hingga format.
·         Sort & Filter di gunakan untuk mengatur data agar mudah di analisis.
·         Find & Select di gunakan untuk mencari dan menyeleksi teks dalam lembar kerja.

B.    Fungsi Ikon Tab Insert
Tables
·         Pivot Table di gunakan untuk memasukkan table pivot.
·         Table di gunakan untuk memasukkan table.
·         Ilustration
·         Picture di gunakan untuk menambahkan gambar pada worksheet.
·         Clip Art di gunakan untuk menambahkan gambar clipart pada worksheet.
·         Shapes di gunakan untuk menambahkan gambar bentuk tertentu.
·         Smart Art di gunakan untuk memasukkan obyek smart art.
Chart
·         Coloumn di gunakan untuk memasukkan grafik kolom.
·         Line di gunakan untuk memasukkan grafik garis.
·         Pie di gunakan untuk memasukkan grafik pie.
·         Bar di gunakan untuk grafik batang.
·         Scatter di gunakan untuk memasukkan grafik distribus.
·         Other Chart di gunakan untuk memasukkan grafik lainnya.
Link
·         Hyperlink di gunakan untuk memasukkan hyperlink pada worksheet.
Text
·         Textbox di gunakan untuk memasukkan kotak teks.
·         Header & Footer di gunakan untuk memasukkan header dan footer.
·         WordArt di gunakan untuk memasukkan teks dekoratif.
·         Signature Line di gunakan untuk memasukkan garis tanda tangan.
·         Object di gunakan untuk memasukkan objek
·         Symbol di gunakan untuk memasukkan symbol.

C.    Fungsi Ikon Tab Page Layout.
Themes
·         Theme di gunakan untuk mengubah tema tampilan excel.
·         Color di gunakan untuk mengubah warna tema.
·         Font di gunakan untuk mengubah jenis font tema.
·         Effect di gunakan untuk efek tema.
·         Page Setup
·         Margin di gunakan untuk mengubah margin halaman.
·         Orientation di gunakan untuk mengubah orientasi halaman.
·         Size di gunakan untuk mengubah ukuran kertas.
 Page Setup
·         Margin di gunakan untuk mengubah margin halaman.
·         Orientation di gunakan untuk mengubah orientasi halaman.
·         Size di gunakan untuk mengubah ukuran kertas.
·         Print Area di gunakan untuk menentukan area tertentu untuk proses cetak.
·         Breaks di gunakan untuk menentukan pemisah halaman.
·         Background di gunakan untuk menentukan gambar untuk latar.
·         Print Title di gunakan untuk menentukan baris atau kolom yang dicetak pada setiap halaman.

 Scale to Fit

·         Width di gunakan untuk menentukan lebar hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas.
·         Height di gunakan untuk tinggi hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas.
·         Scale di gunakan untuk memperbesar atau memperkecil hasil cetak sesuai
persentase Ukuran.

Sheet Option

·         Gridlines di gunakan untuk mengatur tampilan garis di layar dan di hasil cetakan.
·         Heading di gunakan untuk mengatur tampilan header di layar dan di hasil cetakan.
Arrange
·         Bring To Font di gunakan untuk objek depan.
·         Send to Back di gunakan untuk objek ke belakang.
·         Selection Pane di gunakan untuk memperlihatkan panel seleksi objek.
·         Align di gunakan untuk meluruskan objek.
·         Group di gunakan untuk mengelompokkan objek.
·         Rotate di gunakan untuk melakukan rotasi objek.

D.    Fungsi ikon Tab Formula.

Function Library

·         Insert Function di gunakan untuk memasukkan fungsi formula.
·         Autosum di gunakan untuk melakukan penghitungan cepat.
·         Recently Used di gunakan untuk memasukkan fungsi yang pernah digunakan.
·         Financial di gunakan untuk memasukkan fungsi keuangan.
·         Logical di gunakan untuk memasukkan fungsi logic.
·         Text  di gunakan untuk memasukkan fungsi text.
·         Date & Time di gunakan untuk memasukkan fungsi waktu.
·         Lookup & Reference di gunakan untuk memasukkan fungsi lookup dan referensi.
·         More Function di gunakan untuk memasukkan fungsi lainnya

Defined Name.

·         Name Manager di gunakan untuk membuat,mengubah dan mencari nama yang di gunakan dalam workbook.
·         Define Name di gunakan untuk memberikan nama bagi sel.
·         Use In Formula di gunakan untuk memilih nama yang di gunakan pada workbook dan menggunakannya pada formula.
·         Create From Selection di gunakan untuk membuat nama sel secara otomatis.
Formula Auditing
·         Trace  Precedent di gunakan untuk memperlihatkan panah pada sel lain yang memengaruhi nilaisel ini.
·         Trace Dependent di gunakan untuk memperlihatkan panah pada sel lain yang dipengaruhi nilaisel ini.
·         Remove Arrows di gunakan untuk memperlihatkan panas yang di buat oleh tracer.
·         Show Formulas di gunakan untuk memperlihatkan formula setiap sel.
·         Error Checking di gunakan untuk memeriksa formula yang salah.
·         Evaluate Formula di gunakan untuk memperlihatkan kotak dialog evaluasi formula.
·         Watch Window di gunakan untuk mengawasi nilai beberapa sel saat dilakukan perubahan pada lembar kerja.

Calculation

·         Calculation di gunakan untuk menentukan kapan kalkulasi dilakukan.
·         Calculate Now di gunakan untuk melakukan kalkuasi semua workbook sekarang
·         Calculate Sheet di gunakan untuk melakukan kalkuasi sheet sekarang

E.    Fungsi Ikon tab Data

Get External Data

·         From Access di gunakan untuk memasukkan data dariMS Access.
·         From Web di gunakan untuk memasukkan data dari web.
·         From Text di gunakan untuk memasukkan data dari teks
·         From Other Sources di gunakan untuk memasukkan data dari sumber lain
·         Existing Connection di gunakan untuk memasukkan data dari sumber yang pernah digunakan.

Connections

·         Refresh All di gunakan untuk menyegarkan kembali data yang diambil dari sumber.
·         Connection di gunakan untuk memperlihatkan semua koneksi data pada workbook.
·         Properties di gunakan untuk melakukan spesifikasi koneksi data pada workbook
·         Edit Link di gunakan untuk memasukkan data dari sumber lain

Sort & Filter

·         Sort A to Z di gunakan untuk mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar
·         Sort Z to A di gunakan untuk mengurutkan data dari yang terbesar ke terkecil
·         Sort di gunakan untuk memunculkan kotak dialog pengurutan
·         Filter di gunakan untuk melakukan penyaringan terhadap sel
·         Clear di gunakan untuk menghapus penyaringan pada sel
·         Reapply di gunakan untuk melakukan kembali penyaringan
·         Advanced di gunakan untuk melakukan penyaringan spesifik

Data Tools.

·         Text to Coloumn di gunakan untuk memisahkan isi sel menjadi beberapa kolom.
·         Remove Duplicates di gunakan untuk menghilangkan baris terduplikasi
·         Data Validation di gunakan untuk mencegah data yang tidak valid masuk ke sel
·         Consolidation di gunakan untuk menyatukan nilai beberapa range ke dalam satu range
·         What-If Analysis di gunakan untuk mencoba beberapa nilai pada formula
Outline.
·         Group di gunakan untuk mengelompokkan baris sel sehingga mereka dapat
memendekdan memanjang.
·         Ungroup di gunakan untuk memisahkan sel yang mengelompok
·         Subtotal di gunakan untuk menghitung total beberapa baris data yang berhubungan

F.    Fungsi Ikon Tab Review.

Proofing

·         Spelling di gunakan untuk Memeriksa ejaan teks
·         Research di gunakan untuk Membuka panel penelitian referensi
·         Thesaurus di gunakan untuk Saran kata yang sepadan
·         Translate di gunakan untuk Menerjemahkan kata ke bahasa lain
Comments
·         Comment di gunakan untuk Memasukkan komentar baru
·         Delete di gunakan untuk Menghapus komentar
·         Previous di gunakan untuk Memperlihatkan komentar sebelumnya
·         Next di gunakan untuk Memperlihatkan komentar selanjutnya
·         Show/Hide Comment di gunakan untuk Memperlihatkan atau menyembunyikan komentar
·         Show All Comments di gunakan untuk Perlihatkan semua komentar
·         Show Ink di gunakan untuk Memperlihatkan keterangan tinta pada lembar kerja
Changes
·         Protect Sheet di gunakan untuk Melindungi lembar kerja
·         Protect Workbook di gunakan untuk Melindungi buku kerja
·         Share Workbook di gunakan untuk Berbagi buku kerja
·         Protect and Share Workbook di gunakan untuk Melindungi dan berbagi buku kerja
·         Allow Users to Edit Ranges di gunakan untuk Memperbolehkan pengguna mengubah data
·         Track Changes di gunakan untuk Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen

G.    Fungsi Ikon Tab View

Workbook View

·         Normal di gunakan untuk Melihat dokumen secara normal
·         Page Layout di gunakan untuk Melihat dokumen sesuai hasil cetak
·         Page Break Preview di gunakan untuk Melihat tampilan dokumen beserta pemotongan setiaphalaman
·         Custom Views di gunakan untuk Menyimpan seting tampilan dan hasil cetak
·         Full Screen di gunakan untuk Melihat dokumen dalam mode layar penuh

Show/Hide

·         Ruler, Gridlines, Message Bar, Formula Bar, Heading di gunakan untuk memperlihatkan penggaris, garis kisi, batang pesan,batang
formula, dan heading.

Zoom

·         Zoom di gunakan untuk memperbesar tampilan
·         100% di gunakan untuk memperbesar tampilan 100%
·         Zoom to Selection di gunakan untuk memperbesar tampilan sesuai bidang seleksi
Windows
·         New Window di gunakan untuk membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumenTersebut
·         Arrange All di gunakan untuk mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
·         Freeze Pane di gunakan untuk membuat sebagian lembar kerja terlihat dan lainnyaMenggulung
·         Split di gunakan untuk membagi jendela menjadi beberapa penel yang
memperlihatkanlembar kerja Anda
·         Hide di gunakan untuk menyembunyikan jendela terseleksi
·         Unhide di gunakan untuk memunculkan jendela tersembunyi
·         View Side by Side di gunakan untuk memperlihatkan jendela berdampingan
·         Synchronous Scrolling di gunakan untuk membuat dua jendela menggulung bersamaan
·         Reset Window Position di gunakan untuk menset ulang posisi jendela berdampingan
·         Save Wokspace di gunakan untuk menyimpan pengaturan tampilan jendela sehinggadapat
dibuka kembali dengan tampilan yang sama
·         Switch Windows di gunakan untuk berganti jendela yang aktif

Macros

·         View Macros di gunakan untuk memperlihatkan macro dokumen.




1 komentar:

Hendra Syahputra mengatakan...

Gak bisa di baca. Backgroundnya perlu di ganti tu.