Selasa, 18 Desember 2012

LAPORAN MERAKIT KOMPUTER PENTIUM III

PENDAHULUAN
Komputer saat ini menjadi barang elektronik yang multifungsi. Selain untuk membantu pkerjaan atau tugas sehari-hari, komputer juga digunakan sebagai media hiburan.
Komputer sudah menjadi kebutuhan dari berbagai propesi. Seorang pekerja kantoran atau pengusaha dapat dengan mudah membuat laporan, mengolah data, membuat presentasi, dan menyelesaikan beberapa pekerjaan lainnya menggunakan komputer. Begitu pula seorang pelajar atau mahasiswa sangat terbantu menyelesaikan tugas-tugasnya dengan menggunakan elekronik berupa komputer.
Memiliki komputer sendiri yang berkualitas tentu merupakan keinginan semua pengguna komputer. Dengan kualitas yang baik, diharapkan akan meminimalkan permaslahan-permasalahan yang sering terjadi di Komputer. Pada banyak kasus, masalah yang terjadi disebabkan oleh ketidaktahuan pengguna dalam memilih spesifikasi dan merawat komputer. Masih banyak pengguna komputer yang beranggapan bahwa memiliki komputer yang berkualitas itu mahal. Tentu mahal jika semua perangkat kerasnya menggunakan spesifikasi terbaru yang memiliki kemampuan tiggi atau jika Anda memilih paket komputer yang bermerk (branded). Namun pertanyaannya, apakah semua komputer sesuai dengan yang anda butuhkan?
Jika Anda pergi ke sebuah toko komputer, mungkin Anda akan diberi beberapa pilihan paket penjualan. Anda dapat menentukan pilihan sesuai dengan kebeutuhan. Namun, akan lebih baik jika Anda memahami tentang perangkat keras komputer, sehingga dapat menentukansendiri spesifikasi yang dibutuhkan. Biasanya toko komputer juga memberikan pilihan pada penjualan komputer rakitan atau yang biasa disebut “komputer jangkrik”. Jika pemilihan spesifikasinya tepat, maka kemampuan komputer rakitan tidak kalah dengan komputer branded.
Selain dilihat dari sisi kebutuhan, memilih spesifikasi komputer harus memperhatikan sisi anggaran. Jika anggaran yang dimiliki beasar, mungkin tidak terlalu masalah, namun bagaimana jika anggaran yang dimiliki sangat terbatas. Pilihan terbaik adalah merakit komputer sendiri. Selain lebih murah, tentunya dengan merakit komputer sendiri akan menambah pengetahuan dan pengalaman Anda di bidang perangkat keras komputer.
Merakit Komputer sendiri adalah suatu pekerjaan yang menyenangkan sekaligus menantang. Selain bisa menghemat anggaran, dengan merakit komputer sendiri, akan menambah pengetahuan dan wawasan anda di bidang hardware komputer.

Peralatan Yang di butuhkan :
1.        1 set Obeng
2.        gunting
3.        selotip
Bahan Yang di butuhkan :
1.        Prosessor intel Pentium III
2.        Motherboard on board
3.        RAM SDRAM
4.        Harddisk Samsung 32 GB ATA
5.        Optical drive CD ROM dan floppy disk Samsung
6.        Case & Power Supply Standar 400 watt
7.        Casing
8.        Cabel IDE
9.        Headsting
10.    Fan prosessor dan fan casing
11.    Baterai CMOS
12.    Mor Baut secukupnya

Langkah-langkah Merakit Komputer
1.        Siapkan peralatan yang di butuhkan untuk merakit computer.
2.        Siapkan motherboard dan buka tuas pengunci prosessor do motherboard. Untuk membuka tuas pengunci, tekan tuas kemudian geser keluar sedikit dan angkat tuas pengunci.
Catatan :
Tuas pengunci berfungsi untuk mengunci agar tidak berubah posisinya dari slot yang tersedia.

3.        Pasangkan prosessor pada motherboard.


Catatan :
Sebelum memasang prosessor perhatikan pin pada prosessor. Pada ujung pojok prosessor terdapat pembeda berupa segitiga kuning, seperti gambar di samping.
Letakkan segitiga kuning pada socket motherboard yang pojoknya tumpul (tidak ada pinnya)



4.        Tutup dan kunci prosessor.

 
5.        Pasang pendingin prosessor (headsting dan fan).


6.        Pasang konektor kebel kipas pendingin prosessor (fan) pada socket CPU fan yang tersedia di motherboard.


7.        Pasang memori RAM pada slot RAM yang tersedia di motherboard. Perhatikan lubang yang terdapat pada modul RAM. Sesuaikan panjang sisi kana-kiri modul pada socket RAM, kemudian masukkan modul RAM dan tekan ujung kanan-kiri modul hingga terdengar bunyi “klik”.

8.        Masukkan dan pasang motherboard dalam casing, kemudian pastikan semua konektor I/O yang terletak di belakang casing telah terpasang dengan baik.

9.        Kunci motherboard ke casing dengan skrup yang sudah tersedia.

10.    Pasangkan kabel-kebel konektor seperti: Power switch, Power Led, Reset Switch, dan HDD Led yang ada di casing motherboard.
Catatan :
Power switch digunakan sebagai konektor penghubung tombol power yang terdapat pada casing.
Power Led digunakan sebagai konektor penghubung lampu led (indicator computer hidup) pada casing.
Rest switch di gunakan sebagai konektor penghubung tombol reset yang terdapat pada casing.
HDD Led digunakan sebagai konektor penghubung lampu led (indikator proses hardisk) yang trdapat pada casing.
Memasang kabel konektor penghubung sebaiknya melihat buku manual motherboard yang telah tersedia.



11.    Pasang kabel power (ATX) yang berasal darai power supply ke motherboard.
Perhatikan letaknya.


12.    Pasang kabel power tambahan dari power supply ke motherboard. Perhatikan letak penguncianya.


13.    Pasang hardisk dan optical drive (CD ROM)


14.    Pasang kabel data hardisk di socket ATA untuk hardisk jenis ATA.

15.    Hubungkan kabel data yang sudah dipasang ke harddisk, lalu pasang pula kabel powernya. Hal yang sama juga dilakukan pada CD ROM.


16.    Periksa kembali semua sudah terpasang dengan kuat dan benar.


Tidak ada komentar: