Senin, 13 Mei 2013

Rangkuman Jenis - jenis Memori



Jenis – jenis Memori

Beberapa jenis memori yang di gunakan :

  1. Read Only Memory (ROM)
  2. Random Access Memory (RAM)
  3. Flash Disk
  4. Hardisk
  5. Memory Cache


Read Only Memory (ROM)


Read-only Memory(ROM) adalah istilah untuk media penyimpanan data pada komputer. ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam computer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.Contohnya adalah switch mekanis.

Jenis – jenis ROM
Beberapa jenis ROM yang pernah beredar dan terpasang pada komputer, antara lain

  • PROM (Progammable Read-Only-Memory)
  • EPROM (Erasable Programmable Read-Only-Memory)
  • EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory)


PROM (Progammable Read-Only-Memory)

Jika isi ROM ditentukan oleh vendor, PROM dijual dalam keadaan kosong dan kemudian dapat diisi dengan program oleh pemakai. Setelah diisi dengan program, isi PROM tak bisa dihapus.



EPROM (Erasable Programmable Read-Only-Memory)

Isi EPROM dapat dihapus setelah diprogram. Penghapusan dilakukan dengan menggunakan sinar ultraviolet.




EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory)
EEPROM dapat menyimpan data secara permanen, tetapi isinya masih bisa dihapus secara elektris melalui program. Salah satu jenis EEPROM adalah Flash Memory. Flash Memory biasa digunakan pada kamera digital, konsol video game, dan cip BIOS.




Random Access Memory (RAM)

RAM adalah memori dalam sistem komputer yang berguna untuk menampung data sementara dan mengirimnya kembali untuk segera diakses dan diproses oleh prosesor.Karena kecepatan prosesor lebih tinggi dari kecepatan hardisk,maka diperlukan RAM untuk menyeimbangkan data keluar masuk dari hardisk.

Jenis – jenis RAM
  • DRAM (Dynamic RAM)
  • SDRAM (Sychronous Dynamic RAM)
  • RDRAM (Rambus Dynamic RAM)
  • SRAM (Static RAM)
  • EDO RAM (Extended Data Out RAM)
  • FPM DRAM (First Page Mode DRAM)
  • Flash RAM

DRAM (Dynamic RAM)

Jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.




SDRAM (Sychronous Dynamic RAM)

SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah diskronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz

 

RDRAM (Rambus Dynamic RAM)

RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM.

 

SRAM (Static RAM)

SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. SDRAM

 

EDO RAM (Extended Data Out RAM)

EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus denagan kecepatan sampai 66 MHz.



FPM DRAM (First Page Mode DRAM)

FPM DRAM (First Page Mode DRAM) adalah merupakan bentuk asli dari DRAM. Laju transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 176 MB per sekon.




Flash RAM

Flash RAM adalah jenis memory berkapasitas rendah yang digunakan pada perngkat elektronika seperti, TV, VCR, radio mobil, dan lainnya. Memerlukan refresh dengan daya yang sangat kecil.



Flash Disk

Flash Disk adalah jenis memori penyimpanan portabel yang bisa digunakan dengan nyaman jika transfer data dari satu komputer ke komputer lain. Data di dalamnya dapat dihapus dan diprogram ulang sesuai kebutuhan pengguna. Kartu memori USB/ flash disk adalah beberapa model dari jenis memori penyimpanan komputer

Memori Cache

Umunya memori lebih murah bersifat lebih lambat dari pada memori yang lebih mahal.kecuali terhadap CPU yang paling lambat. Memori cache adalah buffer kecepatan tinggi yang di gunakan untuk menyimpan data yang di akses pada saat itu dan data yang berdekatan dalam memori utama. Dengan memasukkan memori cache antara peratalan cepat dan system memori yang lebih lambat,perancang dapat memberikan system memori yang cepat.
Kegunaan cache terjadi karena adanya sifat program secara umum yakni kecenderungan mengakses data dan kode yang baru saja di akses atau di tempatkan di dekat lokasi memori. Kecenderungan ini di sebut principle of locality of reference.
Cara kerja cache adalah sederhana. Cache membandingkan alamat fisik tersebut dengan semua tag alamatnya untuk mengetahui apakah ia menyimpan kopi dari sebuah data.

Hardisk

Hardisk/ Hardrive  adalah hardware yang berguna sebagai tempat penyimpanan data penting yang dipasang didalam Komputer. kapasitas Memori dari hardisk lebih besar, dan pengguna bisa memilih data yang perlu disimpan kedalam memori ataupun diakses dari memori. Saat ini hard disk yang banyak digunakan memiliki kapasitas memori penyimpanan sebesar 120 GB hingga 500 GB.

Jenis – jenis hardisk :
  • Disk ATA / EIDE
  • Disk SCSI
  • Disk RAID
  • Disk SATA
  • SATA

Macam – macam Hardisk  :
  • SEAGATE
  • Western Digital (WD)
  • MAXTOR
  • HITACHI Deskstar
  • SAMSUNG




Tidak ada komentar: